Beranda > Rehat > TuSaFa SoSaKeMa

TuSaFa SoSaKeMa

Hari minggu kemaren di kosan bosen, sepi ga da orang dari pada ga ada kerjaan iseng-iseng gw masak, kebetulan di kosan gw mang ada dapurnya… sehabis jogging pagi di stadion UPI, gw setar tuh masak (baca : start) sekitar jam 9an , walapun belum mandi… he..he..

Kebetulan gw dah beli semua bahannya di pasar geger kalong tengah, yah lumayan juga… dah walapun becek…ga da ojek.. idih mang apaan (Cinta Laura kali ya) .Yyup, ni dia program (menu masakan yang gw bikin), gw bilangnya program biar keren dikit, secara gw kan anak ilkom (ilmu komedi) ha..ha boong ding ilmu Komputer. Ni dia sintaks programnya :

Program TuSaFa_SoSaKeMa ;

{bikin menu masakan TuSaFa SoSaKeMa (Tumis Sayuran Favorit Sosis Sapi Kecap Manis)panjang amat ya namanya, ga apa2, apalah artinya sebuah nama, yang penting rasanya bung}

{IS : alat masak sudah lengkap dan ada sebelumnya, bahan makanan dah tersedia dala kondisi bersih (sudah di cuci dan dibersihkan, kupas kulit wortel, buang tangkai cabe, bersihkan bawang putih sudah terdefinisi sebelumnya)}

{FS : masakan siap dihidangkan, masak sekita 30 menit, makan sekita 10 menit, aproximasi tidak seimbang..ha…ha…}

DEKLARASI:

Type bumbu : record < cabe merah 5 biji,

cabe rawit 5 biji.

bawang putih 3 siung,

penyedap makanan rasa sapi 1 ½ sachet kecil

>

Type Sayuran : record <bunga kol yg masih ada daunnya 1 buah kecil,

wortel 3 buah ukuran sedang

>

{sayuran bisa diganti sesuai dengan favorit masing-masing}

Sosis sapi 4 biji ukuran standar;

Minyak goreng secukupnya;

Kecap manis secukupnya;

DESKRIPSI;

Mulai

Repeat

Iris cabe merah agak halus;

Until cabe merah > 5 biji;

Repeat

iris cabe rawit lebih halus dari cabe merah; {kadar cabe bisa disesuaikan selera, padahal segitu juga dah pedes menurut standar lidah gw, pedes malah!}

Until cabe rawit > 5 biji;

For bawah putih = 3 siung do

Geprek sampe halus, kemudian Rajang;

End for;

For wortel = 3 do

Potong-potong secara melintang ;{biar lebih variatif bentuknya}

Endfor;

For bunga kol = 1 do

Potong-potong sesuai selera ;{hati-hati jangan sampei rontok bunganya}

Endfor;

For sosis = 4 do

Potong-potong secara vertical ; {standar kaya sate sosis di potong kecil-kecil}

Endfor;

Nyalakan kompor, kemudian taruh Teflon di atasnya, masukan minyak goreng secukupnya {standar menumis} ke dalam Teflon tadi, diamkan sampai panas ;

Kemudian masukan sosis yang udah di potong tadi ke dalam teflon, tumis sebentar kasih kecap manis secukupnya;

Repeat

Aduk-aduk sosis kecap manis;

Until kecap manis merata pada semua ptongan sosis;

Tiriskan potongan sosis tadi;

Tambahkan minyak goreng lagi ke dalam Teflon ;

Masukan irisan cabe merah, cabe rawit, bawah putih ;

Repeat

Tumis bumbu ;

Until warna berubah dan harum;

Masukan potongan wortel, potongan bunga dan daun kol ;

Repeat

Tumis sayuran;

Until warna berubah dan tekstur lembut ;{supaya teksturnya lembut pas di tumis ditutup pake penutup biar uapnya melenturkan sayuran atau sebelumnya sayuran tersebut dikukus sebentar}

Repeat

Taburi penyedap makanan rasa sapi ke dalam semua tumisan itu, aduk-aduk ;

Until rasa merata dan pas {gak terlalu asin}

Masukan potongan sosis kecap manis tadi ke dalam tumisan

Aduk-aduk sampai merata

Makanan siap di hidangkan;

Taruh di piring agak cekung, kalo bisa di garnis, biar ngebangkitin selera makan;

Selesai

Dah beres masaknya ,siap disantap deh. Masak kira-kira 30 menit, tapi gw makannya sekitar 10 menit, ga sebanding…huh… tapi sudahlah yang penting rasanya… tuh makanan bisa digado ato pake nasi, standar segitu cukup untuk 3 porsi, kalo pengen lebih tentu takarannya disesuaikan…

Mau tau ga berapa biaya masak tersebut, murah banget ko, apalagi buat anak kosan dijamin hemat deh…

Sosis sapi 4 buah Rp 2600,00

Wortel 3 buah Rp 1000,00

Bunga kol 1buah ukuran kecil Rp 1000,00

Penyedap masakan (royco rasa sapi) 2 buah Rp 700

Bumbu-bumbu (cari aja di rak bumbu kali aja ada sisa, kalo gw sih gitu) kalo ga ada paling beli Rp 1000,00

Kecap manis (cap bango), kalo gw ga beli, masih ada, soalnya suka pake kalo bikin mie instan, kalo ga ada minta ke tetangga kosan, Total belanja Rp 5300 {untuk 3 kali makan, tinggal diangetin aja buat makan berikutnya}, coba bayangin kalo beli di warung, sekali makan dengan menu yang sama (Tumis sayuran Rp 1500, Sosis Rp 2000 1 biji), nah kalo buat tiga kali makan jadi Rp 10.500,,,tuh..tuh hemat kan (Rp 5200,00)!!

Murah kan!!! Selain murah tentu rasa yang didapetin bisa lebih, walapun penyajiannya ga menarik (tidak di garnis), selain tu ngisi liburan yang bermanfaat, jangan Cuma nonton TV or maen game doing… he..he… selamat mencoba!!!

Sorry ya gambar dari masakan tersebut tidak ada, gw baru inget setelah makanannya dah abis, masa yang mo difoto piring bekas tuh makanan, kan ga lucu …he..he..he…

Buat Dessertnya gw bikin Puding Anggur Choki-Choki Minimalis, tar gw posting deh cara bikinnya …

Kategori:Rehat Tag:
  1. Belum ada komentar.
  1. 31 Juli 2008 pukul 11:35 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: