Beranda > Uncategorized > 10 Kebutuhan Psikologis

10 Kebutuhan Psikologis

Hari libur baca buku… musim ya? Yah dari pada nggak ada kerjaan iseng-iseng gw baca buku psikologi sebenernya tuh buku udah lama di rak buku (masih bagus soalnya jarang di baca). Pas bagian yang gw baca tentang sepuluh kebutuhan psikologis yang ternyata dibutuhin oleh kita sebagai manusia.

Ternyata kebutuhan psikologis manusia itu membantu mencapai tujuan yaitu pengenalan yang sempurna tentang segala hal yang berkaitan dengan manusia pada tingkatan ilmu.

Ada beberapa kebutuhan yang harus dipenuhi oleh manusia agar bisa hidup normal dan mampu memanfaatkan energinya dengan sebaik-baiknya. Kebutuhan-kebutuhan tersebut antara lain :

Kebutuhan Fisiologis

Kebutuhan jasmani yang vital, yang akan menjamin keberadaan individu dalam kelangsungan hidupnya. Kebutuhan ini sangat proritas.

Kebutuhan akan rasa aman

Manusia merasa takut kepada hal-hal yang tidak diketahuinya, sehingga membutuhkan orang lain yang bisa melindunginya, hal ini bisa diperingankan dengan meningkatkan ketakwaan kepada Tuhan

Kebutuhan akan Cinta

Manusia membutuhkan cinta dari orang lain. Ia akan merasa bahagia bila orang yang dicintainya mendekat, begitu juga cinta kepada Tuhan.

Kebutuhan akan penghargaan

Manusia akan mencurahkan segala kemampuan dan usahanya agar dihargai oleh orang lai, sehingga ia merasa berharga, mempunyai kedudukan tinggi. Penghargaan ini diwujudkan dalam bentuk pemberian balasan manusia dan sanjungannya. Tidak terpenuhinya kebutuhan ini akan menimbulkan perasaan rendah diri dan mecela diri sendiri.

Kebutuhan akan pengetahuan

Yakni kebutuhan akan pemahaman, bertambahnya ilmu, memperdalam pengetahuan, merumuskan permasalahan dan memecahkannya. Bertambahnya ilmu ada hubungannya dengan kesimbangan dalam segala hal, juga berkaitan dengan perilaku yang baik dan kemapuan dalam memecahkan masalah.

Kebutuhan akan keberhasilan dan Keinginan untuk unggul

Kebutuhan manusia akan keberhasilan dalam melaksanakan suatu pekerjaan akan memotivasinya untuk menambah ilmu, merasa percaya diri dan berani menghadapi masalah baru. Manusia akan memaksimalkan usahanya sehingga hasil yang ia raih lebih baik dari orang lain. Dengan tujuan mendapatkan penghargaan dan pengakuan atas keunggulan dari orang lain.

Kebutuhan akan Afiliasi

Biasanya manusia bekerja demi kemaslahatan kelompok yang menjadi tempat bersandarnya. Dimana individu menjadi bagian dari semuanya dan peranannya sangat vital untuk kesuksesan pekerjaan.

Kebutuhan akan Motivasi

Manusia suka mencari ketenangan dan ketentraman tetapi setelah beberaqpa saat ia merasa bosan dan berusaha mencari objek yang mebuatnya sibuk. Tanpa motivasi, seseorang akan merasa kehampaan sehingga tidak bisa hidup dalam kesendiriannya tanpa melakukan sesuatu pun.

Kebutuhan akan kebebasan

Manusia membutuhkan kebebasan dalam mengungkapkan segala pemikirannya. Mengekang kebebasan akan meyebabkan hidup menjadi pasif dalam pergaulan dengan orang lain. Tidak dibenarkan memaksakan kepadanya beberapa keputusan penting dan harus dilakukannya, terkecuali bila ia merasa puas.

Kebutuhan akan koreksi

Manusia butuh koreksi dan arahan yang tidak merintangi kebebasan. Pendidikan bertujuan menjadikan koreksi internal bukan eksternal. Bila koreksi ini terjadi antar manusia, maka keadaan individu dan kelompok akan mejadi baik, sedikit sekali kejahatan, kebaikan dan ketaatan bertambah, meskipun sedang sendirian.

Wah..bener juga tuh buku ya, gw baru nyadar ternyata manusia itu hidupnya serba bergantung pada orang lain (baca : membutuhkan bantuan orang lain). Ini menginspirasi gw untuk bersosialisasi dengan baik, menjalin komuniasi dengan orang lain, walapun saat ini gw adalah orang yang egois, bisa di bilang angkuh (bawaan dari lahir), tapi kalo udah deket ma gw, gw pasti langsung akrab ko (lho ko jadi kesini..OOT).. so sudahkah kebutuhan di atas semuanya tepenuhi? Yuk kita cari dan jalani kebutuhan rohani kita yang diperlukan. Dengan usaha dan doa Tuhan selalu ada…

Sukses untuk kita semua…

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: