Beranda > Catetan kuliah, Pengalaman > I Say menjadi Asdos Alpro 1

I Say menjadi Asdos Alpro 1

Wah ga kerasa, gw sekarang bakal masuk semester 5 kuliah di ilmu komputer ini. Gw sekarang pengen review kesan gw saat jadi Asdos (Asisten dosen) Algoritma dan pemrograman 1 bersama kelas non kependidikan C2 2007 atau mereka lebih asyik menyebutnya dengan chuwa. Waktu itu jadwal praktikumnya setiap hari kamis jam 13.00 – 15.30 WIB bertempat di Laboratorium Pemrograman dasar S101. Banyak kesan yang gw alamin malah gw sering bilang I hate Wednesday (masalahnya hari itu gw da kuliah Sistem Basis Data yang memeras otak, terus mesti nyiapin laporan kuliah Arsitektur dan Organisasi Komputer, ditambah lagi mesti nyiapin materi ama TP Alpronya (kalo yang ini biasa dikerjain malem terus di sambung lagi kamis pagi)). Huh bener-bener melelahkan, kayaknya IP semester 4 ni turun, oh Tuhan… OOT

Gw bareng ma Chuwa

Gw bareng ma Chuwa

Mengenai materi kuliahnya sendiri, sebenernya ni mata kuliah gampang-gampang susah (keitung gampang, soalnya da yang lebih susah dari ini dan buang tenaga (Basis data, Simbada, Grafika Komputer, Artificial Intelegence),dll) yang udah dan menunggu gw buat kerja keras..

Alpro 1 ini sebenernya dasar mata kuliah ilkom, soalnya kedepannya akan berkutat dengan yang namanya ‘coding’. Diharapkan mahasiswa sudah lancar yang namanya pengulangan, runtunan, kondisional, array, procedure, function (wah alpro banget gw ga mau bahas)…

Sebenernya ada kesan tersendiri yang gw rasin selama menjadi asdos alpro 1 (entah di alpro 2 gw ngajuin lagi atau tidak, tapi gw pengen konsentrasi kuliah, dah kolot euy, kejar target pengen cum laud!!). pas bikin soal TP, gw sendiri suka pusing, apa terlalu gampang ya ngasih soal (gw lebih suka soal logika dibanding program ‘mengupas kentang’). Gw suka ngasih soal TP tiap pertemuan praktikum dan dikumpulkan minggu berikutnya (kasian juga), tapi gw punya maksud tersendiri dengan apa yang gw kasih, biar mahasiswa lebih peka lagi yang namanya memecahkan masalah (awas bukan mecahin kepala (baca:pusing)), karena kalo ga ada tuntutan biasanya males buat belajar ato latihan, termasuk gw kali ya. Selain itu gw pengen nunjukin kalo kuliah tu bukan sekedar maen-maen, terutama di ilkom UPI yang terkesan nyantei kuliahnya, tapi pas dapet nilai gampang (kadang ga objektif), gw sih pengenya apa yang didapetin mahasiswa 07 bisa lebih dari angkatan sebelumnya (huh..menyedihkan)… gw dah ngasih berapa TP ya? Oh…TP1,TP2,TP3,TP4,TP5,TP6,QP1(Quiz Praktikum),QP2,UTSP,UASP,TBP(Tugas Besar Praktikum)..banyak juga ya. Kenyang dah… sorry ya buat yang tidurnya kurang gara-gara gw, peace! Apalagi kelompoknya Meta dkk ama Taufik dkk pas di TBP, yang minta ‘kunci rahasia’, malem-malem gw kirim email (duh ni orang ngerjain, tapi gw suka), gw kirimin juga nih algoritma tapi sengaja gw password foldernya biar mereka mecahin sendiri (pake program dekripsi chiper tunggal yang pernah di bikin di TP4), waktu itu klunya : mantra buat ngebuka kunci dalam novel serial Harry Potter (makanya gw kasih password : alohamora), tapi ga da yang bisa buka tuh folder, tau kenapa? Ternyata emang gw yang salah seharusnya tuh password bukan alohamora tapi alohomora. Pantesan si Meta marah-marah ke gw, Cuma beda a sama o doang…..

Disamping itu da yang cinta dengan free pascalnya (kita pake TPW 1.5), bisa nemuin matrix ajaib, bilangan narcisuss, program susut barang (bukan susut ****), ngitung harga BBM, ngitung perjalanan semut (Si Gloria),program palindrom,balik-balik kata, terus sampe bisa nentuin karakter terakhir dan posisinya, oia formula fisika listrik, program bayar hutang, gaji karyawan, multiple choice, jadi game programer (tebak mission ma secret angka), ngitung IP, ngitung nilai akhir praktikum, jadi programer kasir dan lain-lain dengan soal cerita yang menjelimetkan, malah katanya gw suka salah ngasih algoritma terus bikin pusing, berbelit..belit. gw bilangan aja itu namanya olahraga otak! Buat yang pengen tuh source code program diatas bisa datang ke kosan gw aja, dijamin gw kasih dah!

Oia pas Quiz ataupun UTSP atau UASP, mahasiswa suka minta ‘solusi jitu’ dari gw (maksudnya minta algoritma yang dalam sekejap bisa di sulap langsung jadi program)seperti biasa gw kasih, tapi tetep gw password foldernya.. makanya gw suka meringatin mereka buat selalu bawa tuh program dekripsi di flashdisk selama bertemu dengan gw (dalam praktikum maksudnya), kejam ya…tapi mereka langusng ngerti.gw biasanya ngasih aturan close book tapi open virutal book, terus ga boleh nyontek kiri kanan (padahal gw tahu pada saling contek-contekan), pas ujian suka diiringi musik klasik biar pada tidur..eh salah biar konsentrasi…ujian di bagi dua kloter, makanya gw bikin 2 versi soal dengan dua group (Deni ma Eko yang suka suit buat dapetin versi soal), skor 10 dari seratus dah pasti mereka dapetin soalnya di soal pertama mereka di suruh bikin Program Perjanjian “Saya yang membuat program ini berjanji bahwa hasil yang Saya kerjakan adalah upaya kerja keras Saya sendiri dan Saya berani mempertanggungjawabkannya”

selipan, kalo ada yang manggil gw kang… spontan gw bilang kung (kalo digabung jadi kangkung : nama sayuran) padahal gw lebih suka dipanggil nama soalnya kita seumuran atau kalo pengen senioritasnya ada panggil Kaka gitu, kita disini kan general (bukan orang Bandung doang meskipun kuliah di Bandung, Kang : panggilan pada laki-laki yang lebih tua atau di tuakan di lingkungan sunda)

Yang paling males atau ga nyenengin, mahasiswa pada badmood buat praktikum padahal gw lagi terobsesi buat ngejelasin materi, yang dateng sedikitan entah males ato takut gw ga tau, AC mati, haus ga ada minuman,sampah tissue berserakan begitu saja di atas meja komputer (buat yang ngerasa , nyadar ya! Stop gw jijik) terus koneksi internet lagi lancar (pasti mereka pada ngenet (kebanyak buka friendster ato youtube)) konsentrasi ama materi jadi kacau…terus kalo belum nyiapin materi ato belum bikin laporan Arskom (Tuhan ,help me please). Lain lagi pas meriksa hasil TP, malesnya minta ampun, dengan macam-macam kondisi: telat ngumpulin lah, salah ngasih nama folder, lupa diextract (di ZIP atau di RAR?)gw bilang baca diketentuan!, terus sintaks program ga rapi (ga sesuai dengan etika, estetika dan realita), terus lagi isi program sama antar individu, cuma rename nama doang (tapi suka ada yang ga diedit sama sekali sintak programnya, makanya pas dikompile nama pembuat program(gw bikin ketentuan, pokonya setiap program mesti ada nama pembuat program, templatenya dah disepakati) ma nama folder ga sama) makanya gw suka meriksa TPnya per geng (misalnya ada group A, maka yang gw periksa pasti salah satu diantara mereka, hayo ketahuan ya), makanya nilai akahirnya beda-beda tipis orang per orangnya, kecuali yang jadi leader group gw suka ngasih nilai lebih…

Pesennya…apa ya? Pesen mie ayam ama sop buah ga pake lama itu tuh yang dipertigaan yang mau ke pasar gerlong (bukan itu tau?), maksudnya pesen buat mata kuliah ini kedepannya, gw harap lebih baik lagi dari segi fasilitasnya (AC idup lagi, kalo bisa posisi komputernya lurus kehadapan papan tulis biar ga sakit leher) ataupun instrukturnya (tapi gw dah all out di sana) lebih oke lagi. Ada yang berminat buat jadi asdos Alpro 1 dekade berikutnya? Gw harap da yang ngegantiin gw yang suka pengen perfectionist, super egois, suka ketawa renyah pas lagi ngasih soal apalagi kalo mahasiswanya ga bisa, lempeng aja kalo ga da yang nyapa (padahal ga jelas muka orang yang nanya, kayaknya minus mata gw nambah lagi), tentunya style is number one…gw yakin mahasiswa 07 punya nilai lebih dibanding angkatan sebelumnya dilihat dari skill yang dimiliki, makanya ayo tetep semangat kuliahnya…walapun ada temen-temen kita yang pindah kuliahnya entah ga cocok ma ilkom atau punya cita-cita yang lain(kita doakan saja). Tapi kita (yang belum tereliminasi) mesti, kudu tetep bertahan di ‘dunia perilkoman (dunia ilmu komedi (eh bukan ilmu komputer maksudnya))’, ya walapun dengan kepaksa, tapi tetep dicocok-cocokin, bikin enjoy aja lagi (wah jadi curhat pribadi nih?). toh yang namanya kuliah dimana pun Universitasnya tetep jadi ko, tinggal gimana individunya. Sekedar informasi prospek kerja dunia IT di tahun 2010 dan seterusnya sangat cerah…so tinggal siapin diri kita buat tantang tuh masa depan…soalnya hidup ini hanya ada 3 bagian kemarin (adalah masa lalu yang bakal menjadi sejarah), hari ini (kondisi sekarang yang menjadi peristiwa yang dirasakan) dan masa depan (yang kita belum tahu karena itu masih jadi misteri)…pelajaran berharga bagi kita buat menghargai hidup..OOT

Sebelum gw akhiri ni tulisan, gw mo minta maaf yang sebesar-besarnya bagi orang yang merasa dirugikan. Asdos juga manusia, sudah sewajarnya kiat saling memaafkan…for especially orang yang ngerasa suka ngolektifin tugas temen-temenya (bagi yang merasa), gw salut dah…solidaritasnya tinggi uy!

Masalah nilai akhir gw ga ikutan ya… kadang kadang kuliah itu memang kejam, usaha tidak sebanding dengan hasil… so Nikmatilah setiap Perjuangan. NEVER EVER SURRENDER!

See You Next time…

/* secara general si itu, tapi gw pengen I say ke masing2 individu (buat bahan motivasi, banyak catatan yg mesti diperbaiki mengenai paradigma kuliah termasuk gw yang masih kacau) itu pun kalo pada setuju…gw pengen posting di berikutnya…(entah lewat file PDFsesuai template yang sudah disepakati atau tipe HTML)…

  1. deeshamay
    31 Juli 2008 pukul 5:08 pm

    HAHAHAHAHAHAHAHAHAHA!!!

    keren neeh nulisannya, kang…
    eeh, g leh manggil kang ya??
    tpi asa gmanaa…gitu klo panggil nama,,
    ya…ntar d biasain deeh

    “pas bikin soal TP, gw sendiri suka pusing, apa terlalu gampang ya ngasih soal (gw lebih suka soal logika dibanding program ‘mengupas kentang’)”
    suruuuh siapa coba???jadi pusing sendiri kan,,
    sadis tapi mulia kok, bner tujuanmu, kta jadi di tuntut ngotak-ngatik tu sintak ampe botak!dan banyak pembelajarannya deeeh…

    TP7nya ktinggalan!!!
    yang what i say di itung lho!!!!

    ktanya Harry Potter holic buu???
    mantra buka pintu ja kok salah, hehehehe
    (intermezo: jadi bikin sweater g neeh???Kalo jd koling2 okey!)

    emang ya…
    seorang Krisna tuuh identik dengan yg namanya PERFECT, apa2 haruuuss sesuai ma keinginan, kyanya salah ngetik titik koma ja d protes neeh,,,*peace!!*

    Klo aku neeh ya,, AC mati, komp berdebu dikit ga masalah,,
    yang penting…CONNECT!!!!Hahahahaha
    Sory lho…sk g konsen jg klo lagi maen internet…
    kebiasaan buruk seeh, tapi gimana lagiii…gtel klo g buka internet d leb teh, hehehe…

    dah semester5 emang harus dah konsen kul ya…
    amiiiinn…
    sok lah d doain cum load
    G.A.N.B.A.T.T.E!!!!!!
    tapi klo g ngasosin alpro 1 lagi, sayang jg dooong…
    kasian nak 2008…
    ga bisa ngerasain “kejam”nya krisna…hehehe

    “soalnya hidup ini hanya ada 3 bagian kemarin (adalah masa lalu yang bakal menjadi sejarah), hari ini (kondisi sekarang yang menjadi peristiwa yang dirasakan) dan masa depan (yang kita belum tahu karena itu masih jadi misteri)…pelajaran berharga bagi kita buat menghargai hidup..OOT”
    STUJUUUUUUU!!!!!!!!

    sgitu aja deeeh commentnya
    bisi ngabisin tempat….
    >u<

  2. 1 Agustus 2008 pukul 3:19 pm

    @deeshamay
    thank’s ya atas commentnya, kasih tau juga temen2 yang laen biar ngasih coment juga..emang gw ‘kejam’ ya… be perfectionist
    btw, nilai Alpro 1 lu gmn?pasti bagus dong! secara lu debat ma gw pas di TBP masalahin tuh program ngitung IPK, tapi bagus lah…kembangkan lagi ‘coding’nya walaupun temen2 deket lu pada pindah kuliah he..he…

  3. deeshamay
    2 Agustus 2008 pukul 5:33 pm

    siiiippp…
    ntar gw bikinin spanduk skalian bwat ngomentarin blog lu…
    (duuh g dian bgt ya pke gw elu,hehehhe)

    ya…jangan d ambil ati…”kejam”nya positip ko!!
    mnurut dian seeeh gitu buu,,perfect asdos deeeh!!!

    nilai alpro ya…
    hiks2…dapet B!!!!
    sbenernya dah yakin dpt A tuuh, kayanya jatoh d salah satu dosen yang mirip2 ma Severus Snape waktu masih blum ktauan jahatnya, cm bedanya…si Snape mah rajin ngajar…(sssttt klo taw jgn bilang2!)
    ya..masa strukdat ma alpro bisa bda y nilainya, pdahal alpro dl bru strukdat kn?!sudahlah…hanya mreka yg taw…
    syukiri aja….

    waah…
    debatnya masih dipikirin ya…
    maaph deeh, jujur neh, argumen dian cm buat nutupin ksalahan ja,
    omongan krisna nancleb, tepat sasaran semwa…speechless akhirnya…

    hwaaa…
    jadi spi pada pindah…
    teman seperjuangan d ilkom berkurang….T_T

  4. 4 Agustus 2008 pukul 1:44 pm

    @deeshamay
    /* siiiippp…
    ntar gw bikinin spanduk skalian bwat ngomentarin blog lu…
    (duuh g dian bgt ya pke gw elu,hehehhe) */

    emang lu biasa ngomong apaan ko ga dian banget….he..he

    gw tau siapa severus snapenya (EFR),ha…ha..Ya emang semua nilai jatuhnya disana. ga pa2 nilai ga usah dipermasalahin yang penting kan ilmunya nyantol…
    ya keep spritits ja..be single fighter…
    siiplah klo bisa smw ngisi comment, jangan cuma di bagian ni ja kalo bisa semua kategori, biar hitsnya naek terus…he..he (promosi)

  5. deeshamay
    10 Agustus 2008 pukul 5:21 pm

    ya…
    g biasa gw elu ja
    tpi ntar d biasain ah…
    klo da yg heran, aku jawab…”virus krisna neeh!!” hehehe

    eeeh…
    dilarang nyebut initial!!!
    yupz…stuju!!!!
    kuliah bukan ngejar nilai tapi ngejar ilmunya
    toh…nilai pasti ngebuntutin klo kitanya serius, y g???

    “ya keep spritits ja..be single fighter…”
    kurang stuju neeeh…
    kita kn g bisa berjuang sendirian,,butuh temen jg dooong…

    baiklaaah…
    aku trima promosinya….

    nb: ko g sekalian vid c.o.c.o.n.u.t -nya d pajang??? hahahaha

  6. 12 Agustus 2008 pukul 3:32 pm

    @deeshamay mau dong gw vid c.o.c.o.n.u.t nya ada di sapa? tar gw minta…

  7. deeshamay
    15 Agustus 2008 pukul 10:24 am

    aku punya, mau??
    ntar aku bawa…

  8. 15 Agustus 2008 pukul 10:40 am

    @deeshmay
    wah boleh-boleh tu,always di bawa ya kalo ketemu ma gw ditunggu!

  9. deeshamay
    21 Agustus 2008 pukul 7:46 pm

    manaaaa???

    ko lum d upload jg???
    *ngarep*

    hehehehe

  10. tiRaaa
    3 September 2008 pukul 10:21 am

    Kaka Krisnaaa…(kyaknya g pantes deh! hoho)

    keren bgd I say nyah.
    jujur y, tira mah salut bgd sama akang. soalnya, akang tuh asdos yang bener-bener asdos. walopun suka ngbwd kepala mu pecah dengan TP-TP nya itu, tpi ya emang bener juga apa kata akang, bisa ngbwd kita belajar walopun terpaksa.

    tau g? g da asdos yang kyak akang, yang serius bgd ngajarin adik tingkatnya yang bandel2, kadang g mau nurut juga sama akang. pokonya g da yang ngalahin lah.
    hopefully, tira di-asdosn lagi sama akang y!!!!!!!!!

    cie.. smt 5 niy! target smt 7 udh selese kang?! didoakeun lah sama tira, so pasti! tapi akang juga doain tira y..

    kang mohon bantuannya y!! Basdat itu lho, tira udh g bisa ngebayangin gimana nantinya..

  11. 8 September 2008 pukul 3:06 pm

    @ tiraaa
    ya ga apam lagi, panggilan adik ke kaka tingkatnya, tapi gw lebih suka dipanggil nama ja.

    ya, gw sih pengen nerapin kalo kuliah tuh ga senyantai SMA and jangan harep masuk dunia per-ilkoman (ilmu komedi, *plesetan ilmu komputer*) bisa berkacak pinggang sambil siulan (duh itu bhs lebai amat)

    hah muka gw merah nih (da yang senyum bangga gitu deh), thanks…

    ya doain ya, gw punmya misi, pengen cepet lulus dari sini, lulusan terbaik plus cumlaud, trus nikah..eh kerja dulu ding…

    yu…qt (kita?) belajar bareng…, NIKMATILAH…

  12. 9 September 2008 pukul 2:24 pm

    tiraa….

    setuju deeeh…
    emang ampe ngebul ni otak d ajar ma kk kita tercinta yg satu ini (hueek!, hehe b’canda2!!)

    “ya doain ya, gw punmya misi, pengen cepet lulus dari sini, lulusan terbaik plus cumlaud, trus nikah..eh kerja dulu ding…”

    amiiiiinnnnnnnnnn….
    ditunggu gaji pertamanya ma chuwa ya…hehe

  13. 10 September 2008 pukul 11:46 am

    @ wah, ampe ngebul otaknya ya, bisa bikin telor rebus dong (just kidding)
    jadikan sebagai pembelajaran, tar juga bisa ngerasain ko pas kerja entar (tekanan mental)…

    @ doakan selalu….

  14. rosa
    17 September 2010 pukul 8:43 pm

    He he he he, asisten alpro curhat, mahasiswa yang ngambil alpro curhat, bahkan dosennya juga curhat😀. Memang mata kuliah ini mata kuliah aneh datang dari antabranta. Btw, gimana nih di dunia persilatan, kalo gak salah di data yang di web cs jadi DBA BCA ya. Gudlak ya😀.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: