Beranda > Catetan kuliah, Cuap-cuap, Seputar di Sekitar > Wahai Dosenku, Mari kita Nge-blog…!

Wahai Dosenku, Mari kita Nge-blog…!

Sebenarnya sudah ingin saya lontarkan tulisan ini jauh-jauh hari. karena kesibukan saya merampungkan tugas akhir atau skripsi santei-santei sambil ngeblog yang kadang blongya ngelantur kemana aja, baru kali ini kesempatan bisa menulisnya. setelah mendapatkan informasi lomba nge-blog untuk para nara blog yang diselenggarakan microsoft bloggership 2010, dengan tema diambil dari hari guru. saya merasa tertarik untuk mengikutinya. saya memang tergolong baru di dunia perblogan (blogger newbie), tapi sekiranya izinkan saya untuk membuat tulisan ini. apa salahnya mengajak orang lain ke arah yang lebih baik lagi.


Beberapa hari ke belakang, saking saya sibuk nyari jurnal pendukung tugas akhir sana-sini, nyari referensi buat tugas besar mata kuliah ke sana kemari. akhirnya singgah juga di beberapa blog atau website. setelah saya tilik profil yang ada di web-web itu ternyata beberapa di tulis oleh para dosen, salah satunya adalah situsnya pa romi. karya-karya yang dituangkannya pun cukup menarik, ada yang sekedar cerita tapi ngena di hati, ekspresi melontarkan tutorial dengan gaya yang santei, dan lain sebagainya. itu menurut saya adalah tulisan yang menarik untuk disimak.

Sebagaimana yang kita ketahui banyak manfaat dalam blogging. kita bisa bercerita, berbagi pengalaman, berbagi pengetahuan, berbagi informasi, dan lain sebagainya. intinya, bagaimana tulisan kita dapat dirasakan oleh khalayak umum lewat dunia maya, lebih khusus lewat blog.

Ketika saya ingin tau, apa ya yang ditulis oleh dosen-dosen saya di internet? hanya ingin mengetahui informasi apa yang mereka lontarkan, mungkin saja itu bermanfaat, khususnya bagi saya. saya mencoba mencari blog dosen-dosen di program studi ilmu komputer upi yang sedang saya tempuh ini, search di google dan yang baru saya ketahui,daftarnya ada di bawah ini:

1. Pa Yudi wibisono
2. Bu Rosa Ariani Sukamto
3. Pa jajang Kusnendar
4. Pa Herbert Siregar
5. Pa Asep Sufyan Tsauri (Talentscouting)
6. Pa Sandi Fajar Rodiyansyah (Talentscouting)
7. Pa M. Arif Fadhli Ridha (Talentscouting)

Secara garis besar isi blognya menarik bagi saya. Sekitar puluhan dosen ilmu komputer upi yang ada, yang memiliki blog hanya beberapa saja. atau mungkin saja saya yang tidak mengetahuinya. bagi yang mengetahui informsi mengenai list blog dosen ilkom upi, bisa komen ke saya ya, biar langsung di blogroll. Asumsi saya sekarang, mungkin dosen-dosen saya lagi sibuk penelitian, banyak proyek sana-sini, atau terlalu sibuk mengajar di perkuliahan. jadi tidak sempet nge-blog atau bahkan jarang update blognya.

Saya berharap dosen-dosen yang belum saya ketahui blognya atau memang belum membuat blognya pun turut memeriahkan dunia maya. apalagi kita sehari-hari bergelut dengan teknologi informasi, internet dan lain sebagainya. bahkan untuk tugas mata kuliah tertentu, kami diwajibkan memiliki blog, terbukti dengan kami dibuatkannya domain dengan bertitel [namablog][dot][blog][dot][upi][dot][edu]. seperti punya blog saya di sini blognya jarang ter-update karena saya lebih memilih disini. kalau pun boleh saya mengkiritik (ga apa-apalah wong mahasiswa hobinya mendemo ko, sebut saja tulisan ini saya sedang ‘demo’ sama dosen-dosen), kenapa mahasiswanya disuruh bikin blog, sedangkan dosennya saja tidak memilikinya, ironis sekali. walaupun sekarang maraknya facebook dan twitter, tapi nge-blog tetep ada dihati para pengemarnya, khususnya saya.

Walaupun program studi ilmu komputer upi masih tergolong balita (saat ini baru mewisudakan puluhan mahasiswa/i dari program studi ilmu komputer dan pendidikan ilmu komputer).Tapi jika mahasiswa dan dosennya rajin blogging, itu bisa dijadikan aktualisasi diri untuk mengenalkan program studi kita tercinta ke dunia luar. ingin suatu saat nanti saya mendengar

wah ilkom upi ternyata bagus ya, dosen dan mahasiswanya kreatif dalam membuat tulisan, terbukti dengan blognya yang selalu banyak dikunjungi dan menduduki rank yang bagus di search engine.

Saya rasa itu bukan mimpi. tapi itu adalah salah satu upaya meningkatkan citra bersama. Melalui tulisan ini, saya harap tidak ada yang tersinggung. melalui tulisan yang singkat ini, bahkan mungkin dianggap ‘junk information‘, saya hanya ingin mengajak para dosen untuk menorehkan tulisan-tulisan, informasinya melalui blog, sehingga saya bisa rajin menulis, karena merasa terpicu oleh dosen-dosennya yang rajin menulis. move and show it!tak ada maksud yang tak dinyana, demi kebaikan bersama kenapa tidak…

Selamat hari guru dosen (karena saat ini saya diajar oleh dosen)dan selamat berblogging ria. ditunggu tulisannya dan update-an blognya. saya akan langsung blogroll ke kategori tautan ‘dosenku seperilkoman’. semoga bermanfaat.

  1. 15 Desember 2009 pukul 8:15 pm

    hohoho … keep on writing and blogging, Bro!!!
    Sama-sama baru kerasukan nge-blog, dan ternyata berbagi itu menyenangkan😀

    • 15 Desember 2009 pukul 9:35 pm

      nge-blog itu memang menyenangkan, kita bisa share knowledge satu sama lain.. keep blogging too… aku roll yang blog kamu…

  2. Nikha Akbariah
    15 Desember 2009 pukul 8:17 pm

    go blog..!! Blog penting, untuk sarana introspeksi kalimat dan uji nyali kosakata skripsi… (menurut saia)🙂

    • 15 Desember 2009 pukul 9:38 pm

      go blog..go blog… tempat menuangkan segala gundah hati, keluh kesah dan ajang aktualisasi diri. ditunggu update-annya…keep blogging ya kawan…

  3. 13 Januari 2010 pukul 2:25 pm

    Ayo Pak dan Bu Dosen, jangan mau kalah sama mahasiswanya!

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

