Beranda > Cuap-cuap, Pengalaman, Seputar di Sekitar > Si ATM yang Menelan Kartunya…!

Si ATM yang Menelan Kartunya…!

ATM BNI

ATM BNI

Ceritanya begini…

Tepat dihari jumat natal. pagi-pagi gw bangun,jam 1/2 enam. masih keingetan kalo gw harus transfer duit ke salah satu portal penyedia hostingan. langsung aja gw meluncur ke TKP, ke ATM terdekat. kenapa sih gw mesti pagi transfernya, kaya yang ga ada waktu lagi?πŸ™‚ , alasannya begini, kemaren malemnya gw baru pesen tuh domain baru. udah lama sih pengen punya rumah sendiri, kebetulan juga ada tugas kuliah yang mesti di hosting di web sendiri maka dari itulah gw pesen. dan lagi transfernya pagi, biar langsung di aktivasi ama tuh adminnya.

Di TKP. pertama gw nyatronin tuh ATM di Alfamart Gegerkalong Girang, ternyata kaga bisa, ada error di mesinnya.😦 , berinisiatiflah terpaksa gw lari pagi tergopoh-gopoh menuju ATM di Bank BNI cabang UPI bandung, ada 5 mesin disana. ini tempat yang biasa gw samperin kalo lagi ada duit dan mesti gw ambil setelah ATm di Gerlong itu.

Hari masti terlalu pagi. gw lirik sana sini, kali aja masih ada hantu yang bangunnya kesiangan.πŸ˜› tapi sesekali ada orang yang berlalu lalang, hanya sekedar lari pagi, menghabiskan sisa hidup dan bertahan dalam hidupnya. langsung lah gw masuk ke mesin yang pertama. buka dompet, ambil kartu ATM, masukin kartu ke mesin, pilih bahasa indonesia, pilih tabungan, pih transfer, tekan nomor rekening tujuan. udah gw ikutin tuh petunjuknya dengan seksama. tapi gw ragu, pas masukin nomor rekening tujuan. maka di cancel lah transaksi pertama. gw ulangi lagi prosedurnya, masukin kartu, bla bla bla, eh sekarang malah gw pilih tarik tunai. di cancel lagi lah transaksi. di coba yang ketiga kalinya. masukin kartu, kartu sudah masuk macet, dan tampilan di layar Maaf ATM ini tidak bisa digunakan, silakan gunakan mesin yang lain. infonya kurang lebih begitu.😦 what the hell ini? gw ketelen ATM, eh salah ATMnya nelen kartu gw. langsung paniklah gw, gw obrak-abrik pencet-pencet tuh tombol yang ada di mesin. dan kartunya tetep nyangkut di mesin. ga kefikiran mo langsung nelpon ke call centernya BNI, ditambah lagi hp ga bawa, karena emang lowbet dan belum gw kasih makan tuh hp. jadi aja gw manyun, dengan tangan hampa, malah gw kehilangan kartunya. hmmm..naas,😦

Pulanglah gw ke kosan. niatnya mo ambil hp. buat apa coba?hp gw lowbet ini dan emang ga ada pulsanya. maklum lah orang lagi panik. buka laptop, konek internet, browsing cari info mengenai kartu yang tertelan ATM, ternyata banyak juga kasus serupa. malah proses buat ngedapetin kartunya lagi ribet. makin paniklah gw. gw cek juga saldo lewat e-banking, ternyata masih tetep, berarti ga ada orang yang iseng. mau transfer lewat ini juga ga bisa, soalnya gw belum daftar BNIeSecure. meluncur lagi, gw ke ATM alfamart, hanya ingin melihat nomor call centernya BNI. gw catet aja nomornya (021) 578 99999. selanjutnya, nelpon ke wartel. ketak-ketik tuh nomornya, hmmm argo telponnya dah jalan, udah 1500 tapi ga ada jawaban. gw langsung tutup. ngedumel berbicara dengan lemah lembut dalam hati gw ama tukang wartelnya. perasaan belum nyambung deh ko udah jalan aja tuh tarifnya. hmmm… ada kongkalikong ini.

Masih paniknya di pagi yang mulai agak siang itu. dengan diantarkan ama taksi angkot, gw pergi ke ATM yang di UPI itu lagi. cape kalo harus jalan ngelilingin kampus. kampus gw luas banget. niatannya sih, berharap moga kartu gw dengan ajaibnya keluar sendiri dari ATM. hasilnya nihil, yang ada malah si ATMnya dengan bangga nunjukin kata-kata Maaf ATM ini tidak bisa digunakan, silakan gunakan mesin yang lain. infonya kurang lebih begitu. Mau langsung ngadu ke Bank, ternyata bukanya nanti jam 8, lagian ini kan hari libur mana mungkin bank buka. yang gw liat cuma para satpam yang lagi cekakak-cekikik kayanya nertawain gw bercengkrama. Pa, kasihanilah mahasiswa yang satu ini, saia hidup merantau jauh dari Ayah Bunda. ngomonglah sendiri gw dalam hati. eh ga nyadar juga, ternyata gw masih pake baju bekas tidur tadi malem, ala gembellah gw. pantesan orang-orang pada nyinyir.

Pulang lah gw kekosan, dengan tangan kosong kembali, dan uang gw terkuras lagi, setelah membeli beberapa potong roti dan sekotak susu. dikosan. mengecas hp. ayang nelpon, nanya kabar hari ini, gw jawab apa adanya kejadian gw hari ini, dia juga malah ikutan panik, gw minta diisiin pulsa ama ayang. beberapa detik kemudian pulsa masuk. langsunglah gw nelpon tuh call center di 68888. diterimanya ama cewe, suaranya bagus. langsunglah gw basa-basi nanya kabar dia gimana curhat mengenai permasalahan yang nimpa gw. pihak call centernya nanyain nomor rekening gw, nama lengkap, alamat, bla bla bla. intinya nyocokin data gw, mengenai kebenaran kalo rekening itu bener-bener milik gw, loloslah gw ama interogasiipertanyaan itu. intinya ATM gw di blokir sementara, khawatir ada orang yang iseng. si mbanya juga nanya, kejadian kartunya tertelan di mana, terus nanti bisa di ambil di bank dimana tempat pertama kali buka rekening, saratnya bawa KTP ama buku tabungan. telpon di tutup. gw sedikit tenang, mudah-mudahan proses berikutnya gampang, ga kaya cerita orang-orang yang nasibnya sama ama gw. soalnya kartu gw ketelen di ATM BNI UPI dan ngebuka rekeningnya juga di Bank BNI UPI. lama juga gw curhat ama si mbanya. ampe pulsa langsung melorot habis. kurus lagi deh hp gw.

Which is beberapa hari kedepan gw bakal ngegembel. untungnya masih ada beberapa uang di dompet. setelah itu juga, gw langsung nyari kartu tabungan. obrak-abrik rak buku, kosan gw beserta isinya udah mirip kapal pecah, padahl tadinya indah minimalis. dan ternyata ga ada. nambah lagi lah masalah gw ini. kartu tabungannya ikutan ngumpet juga. gw mikir, terakhir kali tuh kartu tabungan ada di mana ya. hmmm…kefikiran juga kali aja kartu tabungan itu ada di laboratorium dasar ilmu komputer upi. soalnya gw waktu itu bawa buku pinjeman yang agak banyak, yang bakal gw balikin ama si peminjam, kali aja tuh nyelip diantara buku-buku. pengen gw langsung pergi ke lab. tapi ga mungkin, hari ini kan libur. lagian kuliah juga udah libur buat beberapa minggu kedepan. dan lab pun pasti tutup terus. soalnya kuncennya juga lagi berlibur. duh gimana solusinya ya? gw butuh uang, biar bisa pulang untuk liburan ngerjain tubes Data warehouse mining yang belum selesai padahal deadlinenya bentar lagi. ya sudahlah gw bakal ngadu aja ama bapa Polisi kalo gw kehilangan kartu tabungan. intinya usaha itu bakal gw lakuin, biar gw bisa ngambil duit di bank, biar kartu ATM gw bisa balik lagi, biar gw hidup sejahtera lagi. ya sudahlah gw sejenak melupakan masalah itu. buka laptop lagi dan ngerjain tubes itu lagi ngenet lagi, browsing sana sini lagi. sampe tibanya gw harus jumatan.

Saran untuk bank: setidaknya pihak bank BNI harus bisa meminimalisasi hal-hal seperti ini, kejadiannya bukan satu ato dua kasus, tapi udah banyak kasus yang begini. begimanapun juga, kepuasan nasabah kan nomor, satu, intinya menerapkan konsep loyality customer dan customer satisfaction sehingga nantinya akan terbentuk customer relationship management-CRM (ini yang saya dapatkan dari perkuliahan e-bisnis, terima kasih Pa Asep Wahyudin, M.T).

Ini wejangan buat si gw pribadi ato nasabah lainnya: hati-hati dalam bertransaksi di ATM, kali aja ada orang iseng yang sengaja macetin tuh mesin ATM. jangan lupa menyimpan kartu tabungannya dengan baik, sewaktu waktu dibutuhkan, biar tidak susah mencarinya.

Berharap masalah yang seperti ini cepat selesai. terima kasih Tuhan, terima kasih Ayang, terima kasih Mba call center, dan akan berterima kasih ama bapa polisi, soalnya hari ini gw bakal minta surat berita kehilangan. mudah-mudahan lancar…

  1. 26 Desember 2009 pukul 3:27 pm

    Wah kang, hati2 dengan berbagai modus penipuan, salah satunya pemacetan ATM,, pokoknya saya sarankan jangan banyak melamun, dan jika hari sudah mulai gelap/petang, saya sarankan jangan menjawab salam, jika tiba-tiba ada yang mengetuk pintu dengan ucapan salam dengan suara ngirung, pake ‘ain.

  2. 26 Desember 2009 pukul 4:54 pm

    emang kenapa gitu? jangan-jangan kamu orangnya.

  3. yoga
    30 Desember 2009 pukul 10:10 pm

    waduh, gimana kabarnya sekarang?
    malang sekali nasibmu..

    Kunjungan balik nih, maaf yah lama banget berkunjung baliknya. coz baru sempet ngeblog lagi..

    • 3 Januari 2010 pukul 5:05 pm

      sudah balik lagi ko, tapi ngurusinnya lumayan ribet….

  4. rizki
    1 Januari 2010 pukul 1:51 pm

    salam kenal bang ^^
    tragis memang. sip2. sekarang giaman kartunya, udah sembuh?

    • 3 Januari 2010 pukul 5:05 pm

      salam kenal juga. sekarang udah baikan.

  5. 9 Januari 2010 pukul 6:49 am

    sudah lama tidak berkunjung ke blog kang krisna…
    pagi ini, mencoba melihat – lihat lagi, mhm..lagi sibuk ya kang??
    kok rumah nya dibiarkan berdebu???πŸ™‚

  6. abughalib
    6 Februari 2010 pukul 7:26 pm

    pengalaman yg luar biasa, pagi2 sudah dibikin panas oleh ATM, yg pasti lebih dahsyat daripada olah raga hahaha…

    salam hangat

  7. 1 Juni 2010 pukul 10:06 am

    waw nmantab
    salam hangat dari blue

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

