Tsunami Alert Disssemination Information System (TADIS)

Aplikasi ini dipergunakan untuk mengetahui kejadian gempa yang terjadi di Indonesia pada waktu tertentu. sistem akan melakukan updating, daerah mana yang telah terjadi gempa. apakah gempa tersebut berpotensi tsunami atau tidak. aplikasi ini dibangun menggunkan Borland Delphi 7. Data informasi gempa diambil dari situs BMG (memparsing file XML dari situs BMG menjadi teks murni pada sistem). Agar dapat menjalankan aplikasi ini, harus terkoneksi dengan internet.

Konfigurasi Sistem

Setelah file XML itu parsing menjadi teks murni, kemudian akan diterjemahkan menjadi kode heksadesimal pada serial tambahan. Kemudian di proses melalui sinyal processing yang dikirimkan ke pemancar radio. Informasi yang diterima pada pemancar radio akan diteruskan ke pesawat radio berupa teks. aplikasi ini diharapkan user (pengguna radio) selain mendengarkan informasi dari radio, juga dapat melihat informasi gempa berupa teks berjalan (LED 7 segmen). dengan adanya aplikasi ini, masyarakat dapat mengetahui informasi gempa secara cepat, tepat dan akurat, sehingga dapat memperkecil resiko.

Simulator

Aplikasi ini gw bangun pada saat Kerja Praktek (PLA) di PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, R&D Center. Terima kasih kepada Bapak Rakhman Imansyah atas Bimbingannya

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: